Kamis, 14 Agustus 2014

Apa yang ingin Anda ketahui mengenai Bioinformatik?

Bioinformatik adalah aplikasi teknologi komputer yang bertujuan untuk mengelola informasi biologi. Komputer digunakan untuk  mengumpulkan, menyimpan, menganalisa, dan mengintegrasikan informasi biologi dan genetik yang dapat diaplikasikan untuk penemuan dan pengembangan obat berbasis gen. Kebutuhan akan kemampuan Bioinformatik dipercepat oleh ledakan informasi genetik yang tersedia secara bebas dari Human Genome Project.

Tujuan dari proyek besar ini-penentuan sekuen keseluruhan genom manusia (sekitar tiga milyar pasang basa)- telah dicapai pada tahun 2002. Ilmu Bioinformatik, yang merupakan perpaduan biologi molekuler dan ilmu komputer, penting untuk mengantarkan penggunaan informasi genom dalam memahami penyakit manusia serta dalam identifikasi target molekuler yang baru untuk penemuan obat.

Atas hal ini, banyak universitas, institusi pemerintah, dan perusahaan farmasi membentuk kelompok bioinformatik yang terdiri atas biologi komputasi dan ilmu komputer bioinformatik. Kelompok tersebut akan menjadi kunci untuk mengungka[ sejumlah informasi yang dihasilkan melalui sekuensing berskala besar yang dilakukan di laboratorium di seluruh dunia.



0 komentar:

Posting Komentar